UIN Maliki Malang Membuat Sabun Kulit Nanas

  • Whatsapp
buah nanas

UIN Maliki Malang membuat sabun kulit nanas. UIN Maliki Malang atau Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau lebih dikenal dengan UIN Malang baru saja menggelar bakti sosial untuk membantu masyarakat agar lebih mandiri dan memiliki keterampilan lebih. Kali ini mereka menggelarnya di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Al-Fatah, Ganjaran, Gondanglegi, Malang.

Bakti sosial yang dilaksanakan pada Jumat (06.03.2022) tersebut menggiring beberapa siswa untuk membuat eco-enzim dan sabun kulit nanas. “Ini untuk mengedukasi mahasiswa tentang eko-enzim dan pentingnya, serta cara memproduksinya yang benar,” kata Mutmaina, dosen fisika UIN Maliki Malang.

Dosen-UIN-jelaskan-proses-pembuatan-enzim-eko-dan-sabun-enzim-eko.jpg

Pada kesempatan ini, beberapa profesional UIN Maliki Malang juga mengadakan workshop singkat untuk menjelaskan pentingnya eco enzyme kepada masyarakat. Mereka juga mengajak siswa membuat sabun sendiri dari kulit nanas.

Menurut dr. Agus Mulyono, M.Kes, profesional dari UIN Malliki Malang mengatakan, membuat enzim ramah lingkungan itu sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah rasio 1: 3: 10. 1 bagian gula merah ditambahkan dengan 3 bagian kulit nanas dan 10 bagian air.

Campur semuanya dan tutup dan simpan pada intensitas cahaya rendah selama sekitar 3 bulan. Biarkan hingga fermentasi dan setelah selesai, saring airnya dan eco enzyme Anda siap digunakan. Sekadar informasi, eco enzyme ini bisa digunakan sebagai bahan dasar sabun, desinfektan, insektisida atau bisa juga sebagai pembersih lantai.

Untuk membuat sabun tersebut, Agus Muliono dari UIN Maliki Malang mengatakan selain eco-enzyme yang terbuat dari kulit nanas, mereka juga membutuhkan beberapa bahan lain seperti minyak kelapa, alkali, air dan parfum. Ini akan menjadi sabun ramah lingkungan untuk kulit tropis Anda.

5/5 - (1 vote)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *