Turis Asing Diselamatkan Setelah Mesin Kapal Rusak di Selat Lombok

  • Whatsapp
Kapal wisata selat lombok

Turis Asing Diselamatkan Setelah Mesin Kapal Rusak di Selat Lombok. Proses evakuasi kapal AL II KAI GT 171 di perairan Selat Lombok, Nusa Tenggara Barat berlangsung tengah malam pada 5 Juni 2022.

Mataram, Nusa Tenggara Barat (ANTARA) – Tim SAR Indonesia pada Minggu menyelamatkan 26 orang, termasuk turis asing, setelah kapal penumpang yang mereka tumpangi jatuh di Selat Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Beberapa korban merupakan warga negara asing dari India, Jerman, Spanyol, Australia, Amerika Serikat dan Italia, sedangkan sisanya dari Indonesia,” kata Kepala Staf SAR Mataram Nanang Sigit PH, Minggu.

Dia mengatakan kabinetnya menerima laporan dari ketua koperasi Karja Bahari, Sabtu (4/6), pukul 20:48. waktu setempat sehubungan dengan kapal AL II KAI GT 171 yang mengalami kerusakan mesin di perairan Selat Lombo.

“Kami menerima permintaan evakuasi sebanyak 26 orang. “Sebelas di antaranya adalah ABK dan sisanya penumpang,” katanya.

Mesin kapal yang berangkat dari Pelabuhan Benoit, Bali, menuju Labuan Bayo, Nusa Tenggara Timur, mengalami kerusakan di perairan Selat Lombo, Sabtu (4/6).

Kantor SAR Mataram telah menurunkan personel dari Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, menggunakan kapal penyelamat 220 Mataram untuk mengevakuasi wisatawan dan awak kapal.

“Jarak ke lokasi kapal adalah 21,75 mil laut, itu sesuai dengan koordinat yang diberikan oleh nakhoda kapal,” katanya.

Tim SAR berhasil menemukan kapal AL II KAI GT 171, pada Minggu (5/6) sekitar tengah malam waktu setempat. Kapal ditemukan di perairan barat Teluk Nara, Kabupaten Lombok Utara, setelah arus menyapu selatan. Meski kondisinya buruk, kapal tersebut mampu berlayar dengan kecepatan yang sangat rendah.

Kapal berhasil berlabuh di Teluk Nara pada pukul 02.45 waktu setempat. Semua dievakuasi dengan selamat.

“Karena dekat, kami mengirimnya ke Teluk Nara dalam pengawasan untuk memastikan posisi aman,” katanya.

5/5 - (1 vote)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *