Terminal Peti Kemas Terbesar Kalimantan Mulai Beroperasi

  • Whatsapp

Terminal Peti Kemas Terbesar Kalimantan Mulai Beroperasi

 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada hari Selasa meresmikan terminal peti kemas utama di Pelabuhan Pontianak di provinsi Kalimantan Barat enam tahun setelah pembangunan dimulai.

Terminal baru di kabupaten Mempawah memiliki kapasitas 500.000 unit setara dua puluh kaki (TEU), menjadikan Pelabuhan Pontianak yang terbesar di pulau itu, menurut data pemerintah.

Iklan
Presiden mengatakan total biaya untuk membangun terminal baru diperkirakan mencapai Rp 2,9 triliun ($ 195 juta).

“Sekarang pelabuhan terbesar di Kalimantan. Saya sudah menanyakan kepada Dirut Pelindo berapa biaya untuk membangun fasilitas sebesar ini. Itu Rp 2,9 triliun,” kata Jokowi.

Terminal baru akan menyediakan pengiriman untuk komoditas utama pulau itu seperti minyak sawit mentah, bauksit, dan alumina ke pasar domestik dan luar negeri, kata presiden.

“Investasi sebesar itu perlu kita pastikan akan membantu memperkuat daya saing kita dan meningkatkan konektivitas antarpelabuhan, antarpulau, dan internasional,” kata Presiden.

Dia juga menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki jalan di sekitar pelabuhan agar lalu lintas truk kargo besar dan peti kemas lancar.

“Semua jalan menuju Pelabuhan Pontianak harus diperlebar dan kebetulan menteri hadir di sini jadi saya minta dia menyelesaikan ini,” katanya.

Presiden mengatakan dia terbuka untuk ide-ide baru untuk mengganti nama pelabuhan.

“Kalau mau nama baru yang berbeda untuk pelabuhan ini, bisa diajukan ke pemerintah pusat. Saya kira kita terbuka untuk semua aspirasi tapi hari ini kita sudah meresmikan terminal ini,” kata Jokowi.

Pelabuhan ini terletak di pesisir Selat Karimata dengan jalur laut langsung ke Pulau Sumatera, Singapura, dan Malaysia

5/5 - (2 votes)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *