Kementerian Sedang Mencari Pemahaman Publik untuk Kenaikan Tiket Pesawat

  • Whatsapp
kenaikan tiket pesawat

Kementerian sedang mencari pemahaman publik untuk kenaikan tiket pesawat. Sejumlah besar penumpang pesawat mengantre untuk mendapatkan refund dan penjadwalan ulang tiket pesawat ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hata, Tangerang, Banten, pada Senin, 5 Juli 2021. hasil tes dan sertifikat vaksin Covid-19. ANTARA / Fauzan
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Iravati menjelaskan kenaikan harga tiket pesawat disebabkan kenaikan harga bahan bakar untuk pesawat atau pesawat.

“Perlu dicatat biaya bahan bakar atau maskapai mencapai 40 hingga 50 persen dari total biaya operasional maskapai. “Ini berpengaruh signifikan terhadap biaya operasional maskapai,” kata Adita saat dihubungi Senin, 20 Juni 2022.

Dia mengatakan pemerintah telah mengeluarkan keputusan menteri no. 68 Tahun 2022 untuk menyesuaikan fuel surcharge untuk mengantisipasi peningkatan transportasi udara global yang akan mempengaruhi biaya operasional maskapai.

Sesuai aturan, operator pesawat diperbolehkan menaikkan tiket sebesar 10 persen dari batas atas. “Ini sudah diratifikasi, tapi ini opsi, bukan wajib,” tambahnya.

Ia memastikan, implementasi kebijakan tersebut bersifat sementara dan disertai evaluasi berkala. Namun, Adita mengatakan hal itu hanya berlaku untuk penerbangan domestik.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, dia memastikan harga tiket pesawat sudah diserahkan kepada mekanisme pasar. Artinya, maskapai penerbangan dapat menetapkan harga sesuai dengan kondisi pasarnya.

Lebih lanjut Adita menilai kenaikan harga tersebut menjadi beban bagi maskapai-maskapai di tengah industri penerbangan yang belum pulih dari pandemi COVID-19. Maskapai penerbangan, di sisi lain, harus menerapkan strategi yang berbeda untuk menekan biaya operasi sambil mempertahankan layanan.

“Jadi kami berharap masyarakat juga bisa memahami hal ini,” kata Adita.

Pemerintah akan memantau pemberlakuan tarif kelas ekonomi dan memberikan teguran kepada maskapai yang melanggar pagu harga tiket pesawat.

Rate this post

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *